Propil tentang Camba, Kecamatan Camba Kabupaten Maros, Indonesia


The Heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan)Geografis
Camba, adalah salah satu kecamatan dan sekaligus sebagai kota kecamatan yang ada di kabupaten maros sulawesi selatan. Luas wilayahnya sekitar 145.36 km2. Terletak di dataran sedang sekitar 340 km dari permukaan laut. Ibu kota kecamatan ini,  dikelilingi oleh  kawasan pegunungan yang hijau, deretan gunung macconggi, sehingga memiliki iklim yang sejuk dan curah hujan yang tinggi.

Batas wilayah kecamatan camba adalah:
Sebelah Utara              : Kabupaten Mallawa, Kabupaten Pangkep
Sebelah Selatan           : Kabupaten Bone
Sebelah Batar              : Kabupaten Bone,  Kecamatan Mallawa
Sebelah Timur             : Kabupaten Pangkep dan Kecamatan Cenrana Baru

Pemerintahan
Sistem pemerintah di kepalai oleh seorang camat. Kecamatan Camba terdiri atas 2 Kelurahan dan 6 Desa sebagai berikut:
  1. Cempaniga
  2. Cenrana
  3. Bentengnge
  4. Mario Pulana
  5. Patangnyamang
  6. Pattiro Deceng
  7. Sawaru
  8. Timpuseng
The Heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan): Camba
The Heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan): CambaMata Pencaharian

Mata pencaharian utama penduduk di kawasan ini sebagaian besar adalah sebagai petani. Selain bertani, ada juga yang berprofesi sebagai peternak, perkebun, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan wiraswasta. Sebagai wilayah pertaninan, daerah ini didukung oleh curah hujan yang tinggi. Meskipun sebagaian wilayah pertanian di kecamatan ini adalah jenis sawah tadah hujan, khususnya di daerah kecamatan cenrana, sawaru dan desa-sesa lainnya. Akan tetapi  masih dapat dilakukan panen 2 kali dalam setahun. Hal ini didukung dengan adanya system irigasi yang berhasil di bangun di kawasan tersebut. Hasil pertanian yang dihasilkan dari sawah dan ladang-ladang adalah padi, jagung, semangka, tembakau, aneka sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Sementera hasil hutan yang paling dominant adalah kemiri. Sekitar 90% hutan di wilayah kecamatan ini ditumbuhi dengan pohon kemiri. Di wilayah hutan ini, juga terdapat aneka satwa dan tanaman seperti anggrek yang langka.

The Heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan): CambaAgama
Sekitar 99% penduduk di kecamatan ini beragama Islam dan 1% beragama Kristen. Bangunan peribatan khususnya bagi ummat muslim adalah Mesjid Raja Al-Jihad Camba dan Mesjid Tua Al-Amin Camba yang terletak di kota kecamatan camba. Mesjid Al-Amin merupakan Mesjid tertua yang ada di kecamatan tersebut.

Bahasa
Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sosialnya adalah bahasa bugis dengan dialek khusus yang memberikan ciri khas bagi masyakat setempat. Gaya bahasa/ dialek yang digunakan mirip dengan dialek masyarakat bulukumba di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Selain itu juga terdapat bahasa Dentong, mirip dengan bahasa Makassar  pada umumnya digunakan di daerah Desa Ara dan Bengo (Sekarang Masuk Kecamatan Cenrana Baru).

Pendidikan
Sarana pendidikan yang ada, diantaranya SDN No.1 Camba, SDN No.2 Tobonggae, SDN No.3 Inp. Cempaniga, SDN No.4 Tobonggae, dll. SMP Negeri yaitu SMPN 1 Camba. Terdapat pula SMP Muhammadiyah Camba. SMA Negeri yang terdapat di kecamatan ini yaitu SMAN 1 Camba, SMA Muhammadiyah Camba. Perguruan Tinggi yang ada di Camba yaitu Universitas Terbuka

Copyright © 2010. The Heaven of South Sulawesi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib, Proudly powered by Blogger