Camba, Potensi Wisata yang Terbengkalai


The Heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan): Travel and TourismKurangnya lirikan dari pemerintah terhadap perkembangan wisata di kawasan kecamatan Camba menyebabkan kawasan ini seolah tanah yang tidak bertuan. Beberapa potensi wisata masih tertidur pulas dan belum dipotensikan secara maksimal. Nasib kota ini menangis dan butuh elusan tangan kreatif yang mampu membuatnya terbangun dan merentangkan sayapnya dengan gagah.

Disebalah barat jantung kota, kecamatan camba, Camba (Cempa), membentang Bulu Macconggi (Gunung Macconggi). Salah satu yang menjadi perhatian utama di gunung tersebut adalah bahwa tepat di tengah-tengahnya terdapat air terjun yang oleh masyarakat setempat dinamakan “Baruttung”. Air terjun ini memiliki 3 (tiga) tingkatan, tingkatan paling atas tingginya sekitar 1 meter, tingkatan kedua dengan tinggi sekitar ± 3 meter dan tingkatan keempat dengan tinggi sekitar ± 7-12 meter. Airnya berasal dari sumber mata air dari balik gunung. Air terjun inilah yang kemudian menjadi sumber irigasi bagi sawah-sawah yang membentang luas di bawahnya dan juga menjadi sumber air bagi Salo’ Bongga (Sungai Bongga) yang bermuara pada Salo’ Karaja’E (Karaja’E). Saat ini, jumlah debit air yang mengalir dari air terjun tersebut semakin menipis pada saat musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh jumlah pepohonan disekitar air terjun ikut menurut seiring dijadikannya kawasan tersebut sebagai dare (Lahan perkebunan). Di sekitar air terjun, ditumbuhi pepohonan seperti kemiri, beringin, jambu dan juga dihuni satwa liar seperti burung pipit, puyuh, Jalak dan sejumlah spesies burung lainnya. Selain itu, beberapa tempat sekitar lokasi tersebut terdapat gunung bebatuan yang teritegrasi dengan Bulu Maccongi yang menjulang tinggi dan dapat menjadi area panjat tebing yang menantang.

The heaven of South Sulawesi (Sulawesi Selatan): Travel and Tourism
Masih di kawasan tersebut, agak ke utara, juga terdapat sumber air terjun yang terdapat di celah bebatuan yang tinggi, tepatnya di desa Maddenge. Meski hanya dengan satu tingkatan air terjun, tetapi tidak kalah menariknya dengan air terjun Baruttung. Yang membuat menarik lokasi ini adalah air terjun yang muncul diselah-selah dinding bebatuan. Tingginya sekitar 5-6 Meter. Penduduk setempat menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk mencuci kebau, sapi dan kuda mereka. Potensi yang bisa dikembangkan dari lokasi ini adalah wisata air terjun, climbing dan hiking.

Selanjutnya, di sebelah utara jantung kota camba, terdapat sebuah desa bernama Patannyamang. Lokasinya berada di atas gunung. Di desa tersebut terdapat sebuah padang rumput luas yang oleh penduduk setempat dinamakan Padang Loangnge (artinya, padang yang luas). Di tengah padang ini, terdapat sebuah mata air berbentuk danau. Di sinilah sejumlah satwa liar seperti rusa, babi rusa, kuda liar (mustang) dan sejumlah kawanan burung berkumpul untuk melepas dahaga. Sebuah kehidupan alam liar yang sangat menakjubkan. Seiring dengan perkembangan waktu, daerah ini semakin kekurangn populasi akan hewan-hewan tersebut.

Ketiga lokasi tersebut adalah merupakan objek yang masih tertidur pulas dan belum dijamah/ dipromosikan oleh pemerintah setempat. Agar lokasi ini dapat menjadi kawasan wisata yang berpotensi dan sekaligus menjadi sumber devisa Negara, maka pemerintah setempat perlu untuk melakukan peninjauan ke lokasi dan melakukan revitalisasi sekitar lokasi dan selanjutnya melakukan promosi untuk menarik minat investor guna membangun kawasan itu.

(Brur AA Makassar, 2012)

3 Submit your comment here:

kunjungi juga http://cambaituindah.blogspot.com

Balas

kunjungi juga http://cambaituindah.blogspot.com

Balas

buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

Balas

Copyright © 2010. The Heaven of South Sulawesi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib, Proudly powered by Blogger